by

Bisa Jaring Pelanggar, Awas Lemahnya Pengawasan Bodycam di Seragam Polisi

Jakarta

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi memperbarui Pakaian Dinas Lapangan (PDL) 1. Ada sejumlah perubahan pada desain PDL terbaru. Antara lain atribut yang terbuat dari bordir, memiliki kaitan HT dan bodycam, serta berbahan reflector sehingga bisa terlihat dari jauh dan eye catching.

“Kami melihat perlu ada penyesuaian. Seragam PDL yang baru ini merupakan modifikasi dari seragam yang dulu,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam keterangannya dikutip Kamis (29/9/2022).

Lebih lanjut dikutip dari laman Humas.polri.go.id bodycam yang berada di pakaian dinas polantas nantinya akan digunakan personel saat melaksanakan tugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unit Turjawali). Selain itu, bodycam tersebut juga nantinya akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Baca juga:  Tips Lolos Uji Emisi Mobil, Biar Nggak Kena Tilang Rp 500 Ribu

“(Bodycam) Akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya,” sebut Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah.

Bodycam Foto: Bodycam akan dipasang di seragam polantas Polda Metro Jaya. (Wildan-detikcom)

Pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto menyoroti inovasi bodycam yang dilakukan Korlantas Polri. Menurutnya alat secanggih apapun semua akan kembali kepada manusianya sehingga perlu diimbangi atau dibangun suatu sistem kontrol atau pengawasan yang memadai.

Baca juga:  Suzuki Garap Proyek Mobil Terbang

“Mengapa demikian? Karena apabila ada oknum yang kurang bertanggung jawab bisa saja alat tersebut dimatikan supaya tidak terkoneksi dengan E-TLE atau Back Office sehingga tidak terpantau,” kata Budiyanto.

“Sistem pengawasan yang dibangun perlu dikombinasi antara pengawasan yang dibangun dengan bantuan teknologi maupun pengawasan secara langsung di lapangan secara berjenjang. Kelemahan manajemen operasional dalam bidang apa pun pada umumnya terletak pada bidang kontrol atau pengawasan,” sambung dia.

Viral Pelajar Berjamaah Tak Pakai Helm, Ada yang Bermotor Pelat Merah
[Gambas:Video 20detik]
()