by

Mario Aji manfaatkan balapan di Thailand untuk cek progres

Jakarta (ArenaBalap) – Pembalap Indonesia Mario Suryo Aji memanfaatkan balap Moto3 di Thailand pada akhir pekan ini buat mengonfirmasi progres yang diraih di Motegi.Di Jepang pada pekan lalu, Mario Aji memiliki peluang mengamankan nilai namun harus menyudahi balapan di P17, meski start dari posisi akhir.

Manajer Honda Team Asia Hiroshi Aoyama menegaskan bahwa Mario dan teman satu timnya, Taiyo Furusato, yang mengklaim nilai perdananya saat finish P14 di kampung halamannya di Jepang, akhir pekan lalu mempersembahkan salah satu hasil terbaik bagi timnya pada musim ini.

 

Buriram menjadi balapan ketiga dari rangkaian triple header setelah Aragon dan Motegi. Mario dan Furusato pun sudah tidak asing dengan lintasan di Thailand itu karena keduanya pernah tampil di sana saat Kejuaraan Asia Talent Cup.

“Mereka biasanya tampil bagus di lintasan-lintasan seperti ini, dengan trek panjang dan pengereman keras,” ucap Aoyama dilansir laman resmi tim.

“Setelah mereka menjalani balapan yang bagus di Jepang, kami ingin menjaga momentum yang serupa. Satu hal yang kami tidak ketahui ialah bagaimana kondisi cuaca nanti. Semoga akhir pekan ini kondisi cuacanya kering,” ucap dia menambahkan.

 

Lain halnya, Mario menatap balapan di Lintasan Internasional Chang di Buriram nanti dengan optimistis apalagi lintasan tersebut merupakan salah satu trek favorit dia.

“Hari pertama saya membalap di Asia ialah di Buriram, di Asia Talent Cup 2017,” jelas Mario, yang baru saja mengamankan bangkunya di Honda Team Asia buat musim 2023 itu.

“Saya juga membalap pada 2018 di Asia Road Racing. Saya ingat balapan itu dengan bagus karena saya finish podium. Saya suka layout-nya. Setelah empat tahun, saya kembali ke sini, dan ini luar biasa. Ini salah satu mimpi saya yang menjadi kenyataan yakni membalap di seri kejuaraan dunia di sini,” ucap pembalap kelahiran 16 Maret 2004 itu menambahkan.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin,” ucapnya lagi.

Pada tahun pertamanya membalap secara penuh di Moto3, Mario sementara ini berada di peringkat 26 klasemen dengan koleksi lima nilai. Sedangkan Furusato baru sekali mencetak nilai yakni saat dia finish P14 di Motegi, kampung halamannya akhir pekan lalu.

Nilai pertama Mario musim ini diraih ketika dia finish P14 di Mandalika, di mana dia juga buat pertama kalinya mengamankan posisi start baris terdepan berkat penampilan mengesankan saat kualifikasi di lintasan Lombok itu.

Mario kembali mengamankan “front row” di Portugal ketika dia meraih satu posisi lebih bagus di P2 meski nyaris mengamankan nilai di Algarve. Dia kembali finish di zona nilai ketika dia tampil di Mugello, Italia.