by

Ladies! Begini Cara Pakai Standar Tengah Motor

Jakarta – Sepeda motor saat ini tidak hanya digunakan oleh kaum pria. Banyak juga wanita yang memakai sepeda motor, apalagi saat ini motor jenis skuter matik (skutik) semakin banyak sehingga memudahkan para kaum hawa mengendarainya.Namun, terkadang wanita hanya bisa mengendarai motor saja. Hal yang kerap kali sulit dilakukan seorang wanita ialah menggunakan standar tengah motor.

Kalau pengguna sepeda motor menggunakan standar tengah sebenarnya tingkat keseimbangan lebih bagus. Bahkan, motor yang diparkir dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang. Lalu ketika menggunakan standar tengah saat diparkir di jalan yang cukup menanjak atau menurun, dapat menghindari bergeser dan lebih kokoh.

Baca juga:  Foto Avanza Veloz Terbaru Beredar di Media Sosial, Desain Eksterior dan Interior Berubah Total

Buat itu, kaum wanita juga perlu tahu bagaimana cara menggunakan standar tengah. Main dealer Yamaha Lampung PT Lautan Teduh memberikan beberapa tips menggunakan standar tengah, khususnya bagi pengendara wanita. Bagaimana caranya?

Pertama dan yang paling penting, sebelum menggunakan standar tengah pada motor, jangan lupa matikan mesin. Ini mengurangi risiko tuas gas tidak sengaja terpelintir atau digas yang mengakibatkan motor hilang kendali (khususnya motor jenis matik).

Kedua, pasang standar samping terlebih dulu buat mencegah motor roboh atau jatuh ke jalan saat pengendara turun dari motor.

Ketiga, posisikan tangan dengan benar. Caranya, pegang stang kiri dengan tangan kiri dan tangan kanan ke behel akhir (handle seat akhir) sepeda motor.

Baca juga:  Sepeda Listrik IRIS eTrike Solusi Atasi Kemacetan?

Lalu keempat, cara menggunakan standar tengah dimulai dengan kaki kanan menginjak tuas standar tengah. Injak tuas standar tengah yang menonjol dengan tekanan yang cukup. Lalu tangan kanan membantu mengangkat motor disertai gerakan ke arah akhir. Lakukan latihan ini 3 sampai 4 kali agar terbiasa.

Terakhir, lipat kembali standar samping yang sebelumnya dibuka. Setelah sepeda motor terstandar tegak, luruskan posisi motor sesuai dengan arah parkir yang telah ditentukan. Jangan lupa posisikan atau belokkan stang ke kiri lalu kunci motor agar aman.