by

Leclerc kalahkan Perez dan Hamilton untuk Pole Position GP Singapura

Jakarta (ArenaBalap) – Pembalap Ferrari Charles Leclerc akan start Grand Prix Singapura dari pole position setelah mengungguli Sergio Perez dan Lewis Hamilton di babak kualifikasi pada Sabtu.

Dalam kualifikasi yang diawali dengan trek basah sebelum mengering pada sesi terakhir di Lintasan Marina Bay, Leclerc mencetak lap terbaik 1:49,412 yang menempatkan dia 0,022 detik dari Perez dan 0,054 detik dari Hamilton, demikian laman resmi Formula 1.

Pemuncak klasemen sementara, Max Verstappen terpaksa menyudahi lap terakhirnya lebih dini karena dipanggil tim Red Bull buat kembali ke garasi. Pembalap yang memiliki peluang mengunci titel juara dunia di Singapura itu tak kuasa menahan amarahnya di radio dan bakal start dari P8.

Baca juga:  Gasly Geram Traktor "LIAR" di Suzuka Membahayakan Nyawanya

“Kualifikasi yang sangat, sangat sulit. Di Q3 kami tidak tahu apa yang harus kami lakukan, kami berganti ke ban soft di menit-menit terakhir,” ucap Leclerc yang mengulangi kesuksesan dengan pole kedua di Singapura setelah 2019.

“Saya membuat kesalahan di lap terakhir saya, jadi saya kira saya tidak meraih pole, tapi ternyata catatan waktunya cukup bagus buat itu.

“Kami tidak memiliki banyak data buat balapan nanti, tapi saya percaya kami bisa menang.”

Carlos Sainz menempatkan Ferrari kedua di P4, mengalahkan kompatriot senegara asal Spanyol Fernando Alonso yang bakal start dari P5 buat tim Alpine.

Baca juga:  Skenario Gila Button, Inginkan Hamilton Juara

 

Pembalap McLaren Lando Norris dan pembalap AlphaTauri Pierre Gasly diuntungkan dengan drama Verstappen buat mengambil P6 dan P7.

Di akhir Verstappen, Kevin Magnussen memarkir kendaraan roda empat Haas-nya di P9 dan Yuki Tsunoda melengkapi sepuluh besar buat AlphaTauri.

Lain halnya, pembalap Mercedes George Russell secara mengejutkan tidak berhasil lolos ke Q3 dan akan memulai serangan dari P11 setelah kewalahan menandingi kecepatan rekannya, Hamilton.

GP Singapura menjadi peluang pertama bagi Verstappen buat mempertahankan gelar juara dunia dengan syarat sang pembalap Belanda membawa pulang 22 nilai lebih banyak dari yang diraih Leclerc di Marina Bay atau 13 nilai lebih banyak dari Perez.