by

Hasil MotoGP Thailand 2022: Oliveira Juara, Miller Kedua, Bagnaia Ketiga

Jakarta

MotoGP Thailand 2022 digelar di Sirkuit Buriram, Minggu (2/10/2022) WIB. Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira sukses menjadi juara, lalu diikuti duo pebalap Ducati Lenovo, Jack Miller dan Francecsco Bagnaia, yang masing-masing finis kedua dan ketiga.

Pada seri ke-17 MotoGP 2022 ini balapan sempat tertunda beberapa menit. Itu lantaran Sirkuit Buriram diguyur hujan deras. Kondisi itu sudah terjadi sejak race Moto2. Setelah hujan mereda, race director memutuskan melanjutkan race dengan lap berjumlah 25 putaran.

Kendati hujan sudah reda, kondisi trek utama masih cukup basah. Hal itu menyebabkan beberapa pebalap mengalami kesulitan dan tampak hati-hati. Rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo yang start dari posisi 4, bahkan tercecer hingga posisi 17. Dan ia ‘terjebak’ di posisi itu hingga akhir balapan.

Hal serupa dialami Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team. Ia membalap dari pole position, bahkan juga sempat nyaman di posisi depan pada awal lap. Tapi akhirnya anak didik Valentino Rossi itu lama-lama tercecer ke barisan belakang dan hanya finis di urutan ke-16.

MotoGP Thailand 2022 akhirnya menjadi milik Miguel Oliveira. Pebalap asal Portugal itu memang piawai di kondisi lintasan basah. Sebelumnya dia juga finis pertama di MotoGP Mandalika 2022 Maret lalu yang dilaksanakan dalam kondisi trek basah.

Hasil bagus juga diraih Miller dan Bagnaia. Miller yang sebelumnya juara di MotoGP Jepang 2022, bisa kembali naik podium di Thailand. Sementara Bagnaia yang sebelumnya amat takut dengan trek basah, bisa tampil konsisten dan mengamankan tempat ketiga.

Selanjutnya rider Repsol Honda, Marc Marquez, hanya mampu finis kelima di sirkuit ini. Hasil itu sudah cukup bagus, mengingat The Baby Alien belum lama sembuh dari cedera.

Hasil MotoGP Thailand 2022 kembali membuka persaingan menuju gelar juara dunia. Bagnaia kini hanya berjarak 2 poin dengan Quartararo, sedang Aleix Espargaro hanya berjarak 20 poin dengan Quartararo.

Hasil MotoGP Thailand 2022:

1. Miguel Oliveira (Red Bull KTM)
2. Jack Miller (Ducati Lenovo)
3. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)
4. Johann Zarco (Pramac Ducati)
5. Marc Marquez (Repsol Honda)
6. Enea Bastianini (Gresini Ducati)
7. Maverick Viñales (Aprilia Factory)
8. Alex Marquez (LCR Honda)
9. Jorge Martin (Pramac Ducati)
10. Brad Binder (Red Bull KTM)
11. Aleix Espargaro (Aprilia Factory)
12. Alex Rins (Suzuki Ecstar)
13. Franco Morbidelli (Monster Yamaha)
14. Pol Espargaro (Repsol Honda)
15. Raul Fernandez (KTM Tech3)
16. Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Ducati)
17. Fabio Quartararo (Monster Yamaha)
18. Fabio Di Giannantonio (Gresini Ducati)
19. Cal Crutchlow (WithU RNF Yamaha)
20. Danilo Petrucci (Suzuki Ecstar)
21. Darryn Binder (WithU RNF Yamaha)
22. Tetsuta Nagashima (LCR Honda)
23. Luca Marini (Mooney VR46 Ducati)
DNF: Remy Gardner (KTM Tech3)

Mengenal Sosok Risman Dibalik Kemenangan Miguel Oliveira di MotoGP Mandalika
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)