by

Indonesia Raya membahana di Buriram setelah Veda Ega juara Race 2 ATC

Jakarta (ArenaBalap) – Pembalap nasional Veda Ega Pratama menyaksikan lagu Indonesia Raya membahana di Lintasan Internasional Chang, Buriram, Thailand, Ahad setelah menjuarai Race 2 Asia Talent Cup seri keempat.Kemenangan itu tiba setelah Veda menunjukkan potensi kecepatannya dengan finish runner-up di Race 1 pada hari sebelumnya, yang dimenangi oleh pembalap Malaysia Hakim Danish.

Itu juga merupakan kemenangan pertama bagi seorang pembalap Indonesia di seri kejuaraan Asia Talent Cup.

Start dari P4, Veda sempat mendapati posisinya melorot sampai P9 sebelum membangun kecepatan buat merestorasi posisinya setelah dua putaran.

Setelah menemukan ritme di balapan, Veda melewati satu persatu tiga pembalap terdepan sebelum mengambil alih posisi pimpinan kejuaraan di lap kelima.

Baca juga:  Klein ambil alih puncak klasemen sepeda motor Dakar 2023

Veda beberapa kali bertukar posisi pimpinan kejuaraan dengan pembalap Jepang Gun Mie, Hakim Danish dari Malaysia, yang memberikan perlawanan ketat di grup terdepan.

Setelah merebut kembali posisi terdepan, Veda semakin nyaman menjalani sembilan lap terakhir dan membangun jarak sampai tujuh detik dari lawan-lawannya.

 

Tak terkejar di depan, Veda merebut kemenangan setelah melintasi garis finish lebih dari lima detik di depan Carter Thompson dan Gun Mie.

Thompson mendapat penalti karena melanggar limit lintasan dan harus turun ke posisi ketiga, sehingga Gun Mie berhak atas podium kedua.

Baca juga:  Sirkuit Mijen jadi penentu juara umum Trial Game Asphalt 2022

Setelah babak keempat tuntas di Thailand, Hakim Danish masih memegang kendali klasemen dengan 126 nilai, unggul tujuh nilai dari Shinya Ezawa dan 37 nilai dari Gun Mie.

Veda, yang juga pernah finish podium di seri Qatar, kini menduduki peringkat lima dengan koleksi 71 nilai, selisih dua nilai dari peringkat empat yang disentuh Hamad Al-Sahouti.

Kejuaraan Asia Talent Cup menyisakan dua seri lagi yakni di Sepang, Malaysia pada 21-23 Oktober dan Lintasan Mandalika, Indonesia pada 11-13 November, berbarengan dengan gelaran World Superbike.