by

Avanza Listrik Karya Atta Halilintar yang Dibantu Desainer Mobil Justin Beiber

Jakarta – Toyota Avanza listrik terlihat mejeng di sekitar pintu masuk pameran Indonesia Modification & Lifestyle Expo atau IMX 2022. Avanza bertenaga listrik tersebut bukan produksi pabrikan, melainkan hasil modifikasi Atta Halilintar yang telah dikonversi menjadi kendaraan listrik.Jadi, di IMX 2022 ada kompetisi bertajuk ‘Perang Bintang’ yang memerlombakan kendaraan roda empat modifikasi lima artis tenar di Indonesia, yaitu Atta Halilintar, Raffi Ahmad, Andre Taulany, Gading Marteen, dan Uya Kuya. Namun, dari semuanya, Avanza Atta yang paling banyak mendapat sorotan lantaran menjadi satu-satunya kendaraan roda empat konversi.

Atta beranggapan, memodifikasi kendaraan roda empat mewah merupakan hal biasa dan tidak ada tantangan. Itulah mengapa, dia memilih kendaraan roda empat sejuta umat seperti Avanza, lalu mengubahnya menjadi kendaraan unik dengan konsep masa depan.

“Jika kayak kendaraan roda empat Audi, Ferrari, itu kan sudah biasa buat dimodifikasi. Tetapi bagaimana bikin kendaraan roda empat sejuta umat, Avanza. Apalagi ini bukan Avanza baru. Ini Avanza tahun 2010,” ucap Atta Halilintar di IMX 2022, Sabtu, (1/10/2022).

Avanza EV karya Atta Halilintar Foto: Septian Farhan

Atta menjelaskan, motor penggerak dan baterai kendaraan dipasang di ruang mesin. Sementara pengerjaannya terbilang singkat, yaitu hanya sekira dua bulan.

“Ini bikinnya sekitar dua bulan. Ini desainnya dibantu serupa desainernya kendaraan roda empat Justin Bieber, West Cost Custom,” ungkapnya.

Proyek modifikasi Avanza yang diberi nama Avanza The One Only tersebut ditangani Novian Hendra dan Tomi Airbrush. Body work dikerjakan Tomi Airbrush, pencahayaan oleh Yoong Motor, Decal Sticker oleh Max Decal, sistem audio oleh Venom Indonesia, air suspension oleh Airbft Indonesia, dan interior oleh Masterpiece Car Leather Seat.

Baca juga:  Jangan Pake Oli Bekas, Ini 4 Cara Merawat Rantai Sepeda Motor Supaya Awet

Menurut builder bengkel Tomi Airbrush, Tomi Gunawan, Avanza listrik milik Atta ditanamkan baterai yang bisa digunakan buat menempuh jarak 175 kilometer, sementara kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 80 kilometer per waktu.

“Jika biaya modifikasinya belum tahu pasti, tapi yang jelas di atas Rp 200 jutaan,” ucap Tomi.

Diketahui, Avanza listrik Atta akan bersaing dengan Audi R8 milik Gading Marteen, Mazda MX-5 milik Uya Kaya, serta BMW E30 milik Andre Taulany dan Raffi Ahmad.

Kelima kendaraan roda empat modifikasi itu akan diadu di Perang Bintang Black Stone Live Modz Challenge IMX 2022 buat memerebutkan Piala Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dengan total hadiah Rp 1 miliar.