by

Menangi MotoGP Thailand saat Balapan Basah, Miguel Oliveira Teringat Indonesia

Jakarta – Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira mendulang sukses saat balapan basah di Lintasan Buriram, Thailand, Ahad (2/10/2022). Dia jadi yang terdepan usai mengasapi Jack Miller dan Francesco Bagnaia. Hasil ini bikin pembalap Portugal itu layak menyandang status “The Rain Master” Lintasan di Asia Tenggara.Miguel Oliveira memenangi MotoGP Thailand setelah melahap 25 lap dengan durasi 41 menit 44,504 detik. Padahal Oliveira harus memulai dari grid posisi 11, tapi dia bisa start oke. Pembalap Portugal ini jadi pembalap terdepan ketika balapan menyisakan 12 putaran lagi.

Seperti diketahui Balapan di Lintasan Buriram, Thailand, Ahad (2/10/2022), harus ditunda karena cuaca buruk. Selama 45 menit mundur, race juga masih belum dimulai. Race ke-17 di MotoGP 2022 itu akhirnya start setelah mundur 50 menit.

Baca juga:  Alisson Becker Amankan Gawang Liverpool dari Tendangan Penalti, Klopp: Itu di Luar Nalar

Oliveira mengaku saat hujan turun membasahi Lintasan Buriram, Thailand langsung mengantarkannya pada ingatan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Indonesia.

“Ya tentunya ini balapan yang panjang. Aku ambil kesempatan apapun ketika balapan basah. Aku selalu sangat cepat, dan yang pasti saat mulai hujan, aku jadi ingat di Indonesia,” jelas Oliveira usai balapan dilansir dari situs MotoGP, Ahad (2/10/2022).

Ingatan manis itu rasanya tidak akan mudah dilupakan. Sebab dalam gelaran pertama Pertamina Grand Prix of Indonesia, Miguel Oliveira, yang menjadi juaranya. Oliveira menjadi yang tercepat dalam 20 lap dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Jumlah lap dipangkas karena race ditunda akibat hujan deras.

Baca juga:  MotoGP: Cal Crutchlow Resmi Gantikan Morbidelli di Petronas Yamaha

“Aku mencoba buat tetap membumi, lakukan start yang bagus jangan untuk kesalahan, bawa motor sampai akhir,” jelas Oliveira tentang strateginya memenangi balapan basah.

Atas nilai maksimal yang diraih Miguel Oliveira, pembalap Portugal ini sudah mengumpulkan 131 angka. Ini merupakan kemenangan kedua Oliveira dalam kondisi lintasan basah pada MotoGP 2022, setelah sebelumnya jadi juara di MotoGP Mandalika.

“Sangat senang dengan kemenangan ini. Meski menang di kondisi balapan basah bukan preferensi kami, tapi aku terima kemenangan di kondisi apa pun,” ucap Miguel Oliveira