by

Mula Cycling andalkan enam atlet terbaik di Tour de Langkawi 2022

Jakarta (ArenaBalap) – Team Principal Mula Cycling Satrio Agung Purwanto mengandalkan enam pembalap sepeda terbaik Indonesia dalam gelaran Le Tour de Langkawi di Malaysia pada 11-18 Oktober.Kepada ArenaBalap di Jakarta, Jumat, Agung menyebut mereka yang turun ialah atlet yang memiliki kemampuan mumpuni buat menghadapi trek di Negeri Jiran.

Sebut saja atlet langganan tim nasional Aiman Cahyadi. Selain itu ada juga Muhammad Abdurrahman, Ahmad Yoga Ilham Firdaus, Muhammad Andy Royan, Sandy Nur Hasan, dan Muhammad Nur Fathoni.

“Kemudian pelatih yang berangkat ialah Arin Iswana yang baru saja lulus pelatihan level 2 di Swiss. Dua mekanik Yudhi Rachmad dan Jatmiko, dan juga masseur Sulbani,” ucap Agung.

 

Keenam atlet Mula, lanjut Agung, mayoritas ialah pembalap sepeda berkarakter all rounder dan climber. “Le Tour de Langkawi 2022 memang banyak tanjakan. Makanya yang turun itu bisa kombinasi bukan sprinter,” ucap Agung.

Mula Cycling telah mempelajari trek yang bakal dilalui dalam kejuaraan sebanyak delapan etape tersebut. Menurut Agung, sejak etape pertama, pembalap harus bekerja ekstra.

“Kami sudah mempelajarinya dan memang berat bahkan sejak awal sudah ada tanjakan yang dahsyat. Tanjakan tersebut pada edisi sebelumnya dijadikan jalur buat finish (etape terakhir) tetapi, kali ini di awal,” jelas Agung.

Adapun nantinya tiga pembalap yang diandalkan buat bersaing di klasifikasi umum ada tiga yaitu Aiman, Abdurrahman, dan Yoga.

“Paling tidak ada tiga yang kami harapkan bersaing di posisi depan dan itu situasional siapa yang bisa nyodok ke depan. Peran yang lainnya juga penting buat bisa mendorong. Kerja serupa tim diperlukan,” ucapnya menambahkan.

 

Bagi Mula, ini merupakan kali ketiga mereka mengikuti Le Tour de Langkawi. Terakhir kali pada 2020, Mula hadir dengan masih menggunakan nama PGN Road Cycling Team.

Agung berharap Mula dapat unjuk gigi dalam gelaran kali ini. Lebih dari itu, dia juga mengatakan keikutsertaan Mula bisa menjadi acuan pembalap-pembalap sepeda di Indonesia.

Pada hari ini, Mula mendapat dukungan dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo. “Suatu kebanggaan karena kami mendapatkan dukungan dari sosok penting. Artinya, balap sepeda kini telah mendapat perhatian,” ucap Agung.

 

Le Tour de Langkawi merupakan ajang balap sepeda terbesar di Asia. Pada edisi ke-26, ajang ini diikuti 22 tim dari berbagai bangsa.

Enam di antaranya ialah tim UCI WorldTeams atau Divisi 1 yaitu UAE Team Emirates (UEA), Cofidis (Prancis), Lotto Soudal (Belgia), EF Education-EasyPost (AS), Movistar Team (Spanyol), dan Astana Qazaqstan Team (Kazakhstan).

Selain itu ada juga UCI ProTeams atau biasa disebut dengan divisi 2 yaitu Drone Hopper (Italia), Alpecin-Deceuninck (Belgia), Uno-X Pro Cycling Team (Norwegia), dan Burgos-BH (Spanyol).

Tim-tim continental (divisi 3) yang bersaing juga merupakan paling jago seperti China Glory Continental Cycing Team (China), Terengganu Polygon Cycling Team (Malaysia), Team Sapura Cycling (Malaysia), dan ARA Pro Racing Sunshine Coast (Australia).

Belum lagi, Team Ukyo (Jepang), ProTouch (Afrika Selatan), 7 Eleven–Cliqq–air21 by Roadbike Philippines (Filipina), Kuwait Pro Cycling (Kuwait), dan Thailand Continental Team (Thailand).

 

Selain Mula, ada juga satu tim dengan registrasi Indonesia yaitu, Roojai Cycling Team. Lalu tim nasional Malaysia juga bakal turut serta di Le Tour de Langkawi.

Mereka akan bersaing dengan menempuh jarak total 1.183 km yang terbagi delapan etape, mulai dari Kuala Lumpur dan berakhir di Pulau Langkawi.

Le Tour de Lengkawi biasanya diselenggarakan setiap awal tahun antara Februari-Maret. Namun karena pandemi COVID-19, akhirnya terlaksana pada Oktober.