by

Tim balap sepeda Mula Cycling bidik 10 besar di Tour de Langkawi 2022

Jakarta (ArenaBalap) – Tim balap sepeda Indonesia, Mula Cycling, menargetkan peringkat 10 besar dalam gelaran Le Tour de Langkawi 2022 di Malaysia pada 11-18 Oktober.Team Principal Mula Cycling, Satrio Agung Purwanto, kepada ArenaBalap di Jakarta, Jumat, target tersebut paling realistis mengingat Le Tour de Langkawi 2022 merupakan ajang balap sepeda paling prestisius di Asia.

“Jika di dunia itu ada Tour de France, di Asia paling besar dan paling ditunggu-tunggu itu ialah Le Tour de Langkawi,” jelas Agung.

 

Dari segi rating, ajang balap sepeda di Negeri Jiran itu paling tinggi di kawasan Asia karena diikuti enam tim UCI WorldTeams atau Divisi 1 seperti UAE Team Emirates (UEA), Cofidis (Prancis), Lotto Soudal (Belgia), EF Education-EasyPost (AS), Movistar Team (Spanyol), dan Astana Qazaqstan Team (Kazakhstan).

Selain itu ada juga UCI ProTeams atau biasa disebut dengan divisi 2 yaitu Drone Hopper (Italia), Alpecin-Deceuninck (Belgia), Uno-X Pro Cycling Team (Norwegia), dan Burgos-BH (Spanyol).

Tim-tim continental (divisi 3) yang bersaing juga merupakan paling jago seperti China Glory Continental Cycing Team (China), Terengganu Polygon Cycling Team (Malaysia), Team Sapura Cycling (Malaysia), dan ARA Pro Racing Sunshine Coast (Australia).

Belum lagi, Team Ukyo (Jepang), ProTouch (Afrika Selatan), 7 Eleven–Cliqq–air21 by Roadbike Philippines (Filipina), Kuwait Pro Cycling (Kuwait), dan Thailand Continental Team (Thailand).

Selain Mula, ada juga satu tim dengan registrasi Indonesia yaitu, Roojai Cycling Team. Lalu tim nasional Malaysia juga bakal turut serta di Le Tour de Langkawi.

 

“Total ada 22 tim yang bersaing. Buat tembus 10 besar itu sudah sangat luar biasa. Makanya kami akan mengejar itu. Caranya macam-macam ada nilai dan yang lainnya,” jelas Agung.

“Kami memberikan target yang umum yaitu bisa di klasifikasi umum perseorangan dan klasifikasi umum tim. Selebihnya tim pelatih di lapangan akan menentukan nanti,” ucapnya menambahkan.

Mula Cycling bakal menurunkan enam pembalap sepeda terbaik yaitu Aiman Cahyadi, Muhammad Abdurahman, Ahmad Yoga Ilham Firdaus, Muhammad Andy Royan, Sandy Nur Hasan, Muhammad Nur Fatoni.

“Kemudian pelatih yang berangkat ada Arin Iswana yang baru saja lulus pelatihan level 2 di Swiss. Dua mekanik Yudhi Rachmad dan Jatmiko, dan juga masseur Sulbani,” tutup Agung.

Adapun nantinya tiga pembalap yang diandalkan buat bersaing di klasifikasi umum ada tiga yaitu Aiman, Abdurrahman, dan Yoga.

“Paling tidak ada tiga yang kami harapkan bersaing di posisi depan dan itu situasional siapa yang bisa nyodok ke depan. Peran yang lainnya juga penting buat bisa mendorong. Kerja serupa tim diperlukan,” ucap Agung.

 

Persiapan pun telah dilakukan, termasuk mempelajari trek yang bakal dilalui dalam kejuaraan sebanyak delapan etape tersebut. Menurut Agung, sejak etape pertama, pembalap harus bekerja ekstra.

“Kami sudah mempelajarinya dan memang berat bahkan sejak awal sudah ada tanjakan yang dahsyat. Tanjakan tersebut pada edisi sebelumnya dijadikan jalur buat finish (etape terakhir) tetapi, kali ini di awal,” tutup Agung.