by

Saran Verstappen bantu De Vries dapatkan bangku di AlphaTauri

Jakarta (ArenaBalap) – Juara dunia Formula 1 Max Verstappen pada Sabtu mengungkapkan dia pernah menyarankan Nyck De Vries buat menelepon penasihat tim Red Bull Helmut Marko menyusul debut gemilangnya di Grand Prix Italia bulan lalu.De Vries dipanggil tim Williams buat menggantikan Alex Albon yang menderita radang usus buntu di Monza dan sang juara dunia Formula E 2020-21 itu memanfaatkan kesempatan itu dengan bagus, mencetak nilai dengan finish P9 dalam penampilan pertamanya membalap di F1.

Sang pembalap Belanda pada Sabtu, jelang Grand Prix Jepang, resmi direkrut tim junior Red Bull, AlphaTauri, buat mengisi bangku yang ditinggalkan Pierre Gasly yang berlabuh ke tim Alpine mulai musim depan.

Kontrak baru itu menghidupkan kembali asa De Vries, yang setelah menjadi juara dunia Formula 2 pada 2019 dia hanya mendapatkan bangku sebagai pembalap cadangan Mercedes.

Verstappen mengungkapkan dia dan de Vries keluar buat makan malam setelah balapan di Monza. “Dan saya menyuruhnya buat menelepon (Helmut), ini mungkin waktu yang sempurna,” ucap Verstappen kepada kompatriot senegaranya, seperti dilansir laman resmi F1, Sabtu.

Baca juga:  Veda Ega Pratama menangkan Race 2 IATC 2022 di Sirkuit Mandalika

Segera setelah mengamankan jasa De Vries, Red Bull melepas Gasly satu tahun lebih dini dari kontraknya yang berakhir 2023, setelah sang pembalap Prancis menghabiskan sembilan tahun di bawah tim milik perusahaan minuman berenergi itu.

“Helmut ialah orang yang ketika dia suka (dengan pembalap), dia cukup berani buat memberinya bangku membalap,” ucap Verstappen.

“Ini kabar bagus, kami (Verstappen dan De Vries) ialah teman bagus.”

 

Kepala tim AlphaTauri Franz Tost mengaku finish P9 De Vries di Monza memiliki pengaruh spesial terhadap keputusan Red Bull memilihnya.

“Dia menjalani balapan dengan fantastis, tidak melakukan kesalahan dan oleh karena itu memilih dia ialah keputusan mudah,” ucap Tost.

De Vries memiliki pengalaman cukup banyak dalam kategori balap lainnya yang membantunya dengan cepat beradaptasi dengan mesin F1.

Baca juga:  Hasil Liga Champions Club Brugge vs Benfica: As Aguias Cetak 2 Gol

Tim Aston Martin, Williams, dan Mercedes sangat memuji penampilan sang pembalap menyusul penampilannya saat FP1 buat ketiga tim tersebut.

Mereka tahu talenta sang pembalap dan tak ragu meminta bantuan De Vries, meski masih tergolong baru di F1.

Red Bull kini percaya De Vries dapat menjadi pembalap hebat bukan hanya buat AlphaTauri tapi juga sebagai pelapis apabila Verstappen atau Sergio Perez tidak fit buat menjalani balapan dengan tim utama.

“Semoga periode pembelajaran bagi Nyck berkurang menjadi beberapa sesi tes saja,” ucap Tost yang berharap sang pembalap dapat membantu tim pada tes pascamusim di Abu Dhabi.

“Itu berarti saya berharap dia sangat kompetitif sejak balapan pertama pada 2023.”

De Vries akan menjadi mitra Yuki Tsunoda, yang bakal menjalani musim ketiganya dengan AlphaTauri.