by

Ricciardo realistis dirinya tak dapat bangku membalap di F1 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Daniel Ricciardo pada Sabtu mengisyaratkan dirinya sudah hampir pasti tidak berada di grid Formula 1 musim depan, menyusul kabar transfer Pierre Gasly dan Nyck de Vries ke tim Alpine dan AlphaTauri.Pabrikan Prancis Alpine hari ini mengumumkan merekrut Pierre Gasly dari AlphaTauri buat beberapa tahun ke depan, menggantikan Fernando Alonso yang berlabuh ke Aston Martin.

Sedangkan AlphaTauri mendapatkan juara dunia Formula 2 dan Formula E Nyck de Vries, yang mencetak nilai saat menjalani debutnya di F1 sebagai pengganti Alex Albon di tim Williams pada GP Italia bulan lalu, buat menggantikan sang pembalap Prancis.

Kontrak baru dari Gasly dan de Vries itu berarti hanya dua bangku tersisa bagi Ricciardo buat musim depan yakni di tim Haas dan Williams.

Ricciardo, yang pada Agustus mengumumkan dirinya akan berpisah dengan McLaren satu tahun lebih awal dari seharusnya, kemungkinan besar akan mengambil jeda dari F1 pada 2023 sebelum mengincar bangku membalap lagi buat 2024.

Baca juga:  Persebaya Move On dari Tragedi Kanjuruhan, Bersiap Sambut Lanjutan Liga 1

“Kami mencoba mencari jalan dan langkah selanjutnya, tapi saya rasa realitasnya sekarang ialah saya tidak akan berada di grid pada tahun 2023,” ucap Ricciardo dilansir laman resmi F1.

“Saya rasa sekarang saya akan mempersiapkan diri buat 2024. Saya rasa akan ada beberapa peluang bagus nantinya, jadi itulah apa yang dikonfirmasi dan sekarang tujuan kami sudah ditentukan,” jelas pemenang delapan Grand Prix tersebut menambahkan.

 

Ricciardo, yang dua kali finish peringkat tiga klasemen umum ketika bersama Red Bull, bergabung ke McLaren pada awal musim lalu.

Dia mempersembahkan kemenangan pertama bagi McLaren sejak 2012 ketika dia dan Lando Norris finish 1-2 di GP Italia 2021.

Baca juga:  Melaju di Sirkuit Mandalika, Jokowi Sekencang Rossi?

Akan tetapi, sang pembalap Australia tak dapat memenuhi ekspektasi tim menyusul pencapaian yang jeblok dan McLaren memutuskan buat menyeselesaikan kontraknya satu tahun lebih dini buat membuka jalan bagi pembalap muda berbakat dari Negeri Kanguru Oscar Piastri, yang bakal debut di F1 tahun depan.

Ricciardo kewalahan menemukan performanya musim ini dengan mencetak hanya 29 nilai dibandingkan Norris yang mengoleksi 100 nilai.

“Ini seperti menekan tombol ‘pause’. Begitu saya melihat karir F1 saya saat ini. Niat sepenuhnya ialah buat 2024.

“Saya rasa sedikit waktu jeda atau keluar dari bangku mungkin akan bagus bagi saya, jadi saya akan memanfaatkan itu ketimbang mencari sesuatu yang lain dan sibuk di kategori yang lain.

“Jadi saya akan masih sangat percaya saya tidak akan pergi ke mana-mana,” ucap Ricciardo.