by

Pemerintah Meksiko Sarankan Penggemar Tidak Pakai Topeng Lucha Libre di Piala Dunia Qatar 2022

loading…

Pemerintah Meksiko menyarankan kepada penggemar sepak bola untuk tidak mengenakan topeng Lucha Libre berwarna-warni di Piala Dunia Qatar 2022 / Foto: Marca

MAXICO CITY – Pemerintah Meksiko menyarankan kepada penggemar sepak bola untuk tidak mengenakan topeng Lucha Libre berwarna-warni di Piala Dunia Qatar 2022. Itu sebagaimana disampaikan Alfonso Zegbe dari Kementerian Luar Negeri (SRE) Meksiko.

Selama perayaan Piala Dunia , penggemar Meksiko dikenal sebagai salah satu penonton yang paling berwarna di stadion. Mereka kerap mengenakan topi charro, nyanyian “Cielito Lindo”, lagu tradisional Meksiko, dan topeng warna-warni Lucha Libre.

Namun, panitia penyelenggara Piala Dunia Qatar 2022 tidak setuju dengan tradisi ini. Dan, belum lama ini panitia penyelenggara menyatakan bahwa para penggemar Meksiko tidak akan diizinkan memakai topeng di dalam stadion.

Baca juga:  Apa Kabar Proses Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh?

BACA JUGA: Daftar Hat-trick Tercepat di Liga Champions: Mo Salah Tumbangkan Rekor Gomis dan Ronaldo

“Pembaruan terbaru dari Komite Penyelenggara adalah bahwa topeng (gulat) tidak akan diizinkan. Penting untuk berkoordinasi dengan mereka, memberitahu mereka bahwa itu adalah (tradisi) Meksiko dan mungkin mereka tidak akan mengatakan apa-apa atau mereka akan berkata, ‘tolong lepaskan mereka’. Itu sebabnya disarankan untuk tidak memakai masker,” ungkap Zegbe selaku direktur eksekutif Strategi dan Diplomasi Publik SRE saat berbicara kepada ESPN dikutip dari Marca, Kamis (13/10/2022).

Namun, penyelenggara Piala Dunia Qatar 2022, Komite Tertinggi untuk Pengiriman dan Warisan (SC), mengatakan kepada Reuters bahwa tidak ada kebijakan yang melarang penggunaan masker di kompetisi bergengsi empat tahunan tersebut.

“Masker wajah penuh, seperti topeng gulat Meksiko yang terkenal, jelas harus dilepas karena alasan keamanan menuju ke stadion. Ini tidak berbeda dengan masker medis yang diminta diturunkan oleh keamanan, sesuatu yang kita semua saksikan dan alami akibat Covid,” tulis SC dalam sebuah pernyataan melalui email.

Baca juga:  Pembalap yang Keluar dari Akademi Rossi, Ada Apa?

BACA JUGA: Mohamed Salah Cetak Sejarah di Liga Champions, Klopp: Mo is Mo!

“Belum ada kebijakan yang ditetapkan atau dikomunikasikan untuk mengatakan para penggemar tidak akan diizinkan memakai topeng seperti itu di stadion Piala Dunia Qatar atau lokasi lain di negara ini. Kami berharap dapat menyambut penggemar Meksiko sebanyak mungkin bulan depan.”

Sekadar informasi, Meksiko lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022 dengan berada di Grup C. Mereka tergabung bersama Polandia, Argentina, dan Arab Saudi.

()