by

Mario Aji optimistis perbaiki posisi race Moto3 Australia

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap Indonesia Mario Suryo Aji optimistis dapat memperbaiki posisinya saat balapan Moto3 di Phillip Island setelah mendapati dirinya finis P28 pada babak kualifikasi, Sabtu.

Mario baru pertama kali mengaspal di Phillip Island dalam debutnya pada kategori teringan dari rangkaian kejuaraan dunia MotoGP itu, namun sang pebalap Honda Team Asia mendapat pembelajaran dan pengalaman berharga setelah sejumlah sesi latihan dan kualifikasi.

Berbeda dari beberapa hari sebelumnya, kali ini cuaca cerah saat sesi perebutan posisi start berlangsung dan hal itu cukup membantu para pebalap untuk memahami lintasan dan tunggangannya. Namun, Mario masih kewalahan mengatasi angin kencang yang menjadi salah satu tantangan di Phillip Island.

: Mario Aji nikmati debut positif di Phillip Island

: Mario Aji siap hadapi tantangan baru di Phillip Island

“Hari yang sulit. Saya banyak meningkatkan lap time saya tapi bukan posisi final saya,” kata Mario dikutip laman resmi tim.

Baca juga:  Lorenzo: Cuma Saya yang Kalahkan Rossi, Stoner, Pedrosa, dan Marquez

“Saya tak tahu harus berkata apa, tapi itu bukan jadi alasan, sekarang saya harus menganalisis situasinya. Kami telah mengetahui apa yang tidak bekerja dengan baik. Tapi saya tidak akan menyerah dan tetap optimistis terhadap balapan besok.”

Sementara itu, rekan satu tim Mario, Taiyo Furusato merasakan hasil terbaiknya pada kualifikasi dengan posisi start ke-10.

“Mario kewalahan dengan angin tapi tidak bisa tampil seperti seharusnya,” kata manajer tim Hiroshi Aoyama.

“Tapi saya yakin dia akan mengambil satu langkah lebih baik besok. Semoga cuacanya terus baik untuk besok dan kami bisa menjalani balapan dengan bagus.”

: Martin kalahkan Marquez untuk rebut pole position GP Australia

Pada tahun pertamanya membalap secara penuh di Moto3, Mario sementara ini berada di peringkat 26 klasemen dengan koleksi lima poin. Sedangkan Furusato baru sekali mencetak poin yaitu saat ia finis P14 di Motegi, kampung halamannya akhir pekan lalu.

Baca juga:  GP Australia semakin kencang dengan zona DRS keempat

Poin pertama Mario musim ini diraih ketika ia finis P14 di Mandalika, di mana ia juga untuk pertama kalinya mengamankan posisi start baris terdepan berkat penampilan mengesankan saat kualifikasi di sirkuit Lombok itu.

Mario kembali mengamankan front row di Portugal ketika dia meraih satu posisi lebih baik di P2 meski nyaris mengamankan poin di Algarve. Ia kembali finis di zona poin ketika ia tampil di Mugello, Italia.

Di Australia, pebalap Spanyol Izan Guevara mendapat peluang pertamanya mengamankan gelar musim ini dari rival-rivalnya yaitu Dennis Foggia, Sergio Garcia, dan Ayumu Sasaki.

Sasaki mengamankan pole untuk balapan besok setelah mengalahkan Garcia dan Ivan Ortola. Sedangkan Guevara akan mencoba menyerang dari P7.

: Quartararo yakin ada ruang perbaikan untuk Yamaha di GP Australia

: Wejangan Mick Doohan inspirasi Marquez bangkit dari cedera

Shofi Ayudiana
Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022