by

MotoGP Australia 2022: Marc Marquez Jajal RC213V ‘Ekor’ Baru

loading…

Marc Marquez menjajal beberapa pembaruan aerodinamis pada motor RC213V/Foto/Instagram

PHILLIP ISLAND – Latihan Bebas (Free Practice) MotoGP Australia 2022 dimanfaatkan pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjajal beberapa pembaruan aerodinamis pada motor RC213V.

Perubahan yang paling kentara adalah penambahan ‘ekor’ ala Ducati di jok belakang RC213V , sayap depan yang direvisi, dan saluran fairing yang lebih rendah.

Baca juga: Latihan Bebas 2 MotoGP Australia 2022: Pol Espargaro Temukan Kembali Performa Terbaik

Marquez menempati posisi ketujuh pada FP1 dan posisi keenam pada FP2 di Sirkuit Phillip Island, Jumat (14/10/2022) pagi WIB. Pembalap asal Spanyol itu memang belum menggunakan pembaruan aerodinamis musim ini karena absen enam balapan setelah operasi lengan.

Baca juga:  Ricciardo kemungkinan jadi pebalap cadangan Red Bull atau Mercedes

Marquez memanfaatkan sesi latihan bebas MotoGP Australia untuk mendapatkan data yang akurat untuk perkembangan motornya di MotoGP 2023. Meski demikian, juara dunia MotoGP 2019 itu mampu tampil cepat di dua FP.

“Seperti yang Anda lihat saya mencoba fairing (struktur tambahan pada motor yang bertujuan untuk menambah kestabilan saat membelah angin dalam kecepatan tinggi) baru,” jelas Marquez dilansir Crash.net

“Kami sudah mencoba konsep semacam ini sedikit di (tes) Misano dan saya merasakan beberapa poin positif. Tetapi pada saat itu kami memutuskan untuk tidak melakukan homologasi sehingga Honda memiliki kesempatan untuk terus bekerja dan membawa yang lain. Ini evolusi, evolusi ini di depan, di area bawah, plus di belakang.”

Baca juga:  Tim milik Deddy Corbuzier siap menggebrak Indonesia Drift Series

“Benar, ini adalah sirkuit khusus untuk mencoba hal-hal ini. Tapi maksud saya salah satu masalah yang saya miliki tahun ini seperti perasaan berat di depan, belokan dan kami mencoba untuk memperbaikinya dengan sasis, dengan aerodinamis, dengan segala hal, tapi salah satu hal yang penting adalah aerodinamis.”

Dengan perubahan pada motornya, Marquez mengatakan ada perbedaan, terutama fairing baru yang membuat motor menjadi berbeda.

“Fairing baru membuat perasaan yang berbeda pada motor, bukan membuat tikungan menjadi lebih baik, tetapi fisik menjadi lebih berkurang di sirkuit ini, ini cukup membantu.”