by

Dakar 2023 siap menantang batas di ganasnya gurun Arab Saudi

Jakarta (ArenaBalap) – Ajang reli tahunan Dakar, yang akan memulai edisi ke-45 di pesisir Laut Merah, siap menantang kembali ganasnya bentang gurun pasir di Arab Saudi mulai Sabtu akhir pekan ini.

Dakar 2023 akan menempuh rute sepanjang 8.549km selama 15 hari penyelenggaraan yang terdiri dari prolog dan 14 etape, termasuk empat hari menjelajahi Rub’ al Khali atau Empty Quarter yang merupakan gurun pasir terluas di dunia yang berada di wilayah selatan Semenanjung Arab.

“Wilayah raksasa di mana pasir adalah raja, terlebih dengan bentuknya yang paling megah: gunung pasir,” kata direktur balapan David Castera seperti dikutip AFP.

“‘Takutlah’ sepertinya menjadi pesan dari rute Dakar 2023 ini,”

Sedikitnya 455 kendaraan dan 865 kompetitor termasuk juara bertahan Nasser al-Attiyah (mobil) dan Sam Sunderland (sepeda motor) akan berkumpul di garis start di dekat Laut Merah sebelum menempuh rute sejauh 8.549km, di mana 4,706km di antaranya merupakan special stage yang dihitung catatan waktunya.

Baca juga:  Gaji dan Fasilitas Shin Tae-yong Selama Melatih Timnas Indonesia

: Juara Reli Dakar, Sunderland rebut titel kedua kategori sepeda motor

Edisi ke-45 Reli Dakar kali ini akan berlangsung mulai 31 Desember hingga 15 Januari 2023, sebelum finis di pesisir timur negara kerajaan tersebut.

Di antara nama-nama besar yang akan meramaikan kategori mobil pada rally-raid tersebut, juara reli dunia sembilan kali Sebastian Loeb (BRX) masih mengincar gelar pertamanya pada partisipasi keenam kalinya di Dakar.

“Ini 14 etape, ini akan menjadi reli ketahanan yang sangat panjang dan sebenarnya,” kata Loeb di laman resmi Dakar.

Baca juga:  Honda Cari Pengganti Pedrosa di MotoGP Motegi

“Kami harus menemukan kecepatan yang tepat agar mencapai finis dengan sedikit mungkin kesalhaan.”

Pereli Prancis, yang baru saja memenangi ajang Extreme E 2022, dihadapkan dengan tugas yang lebih berat apabila ia ingin memperbaiki tiga finis podium pada tahun lalu dan meraih kemenangan etape pertamanya.

Loeb tak hanya akan menghadapi juara bertahan Nasser Al-Attiyah (Toyota), yang telah empat kali menjuarai Dakar, namun juga menantang legenda WRC lainnya yaitu Carlos Sainz (Mini) serta juara 14 kali Dakar Stephane Peterhansel (Audi).

: Al-Attiyah juarai Reli Dakar untuk keempat kalinya

Selanjutnya: Di kategori sepeda motor

Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022