by

Ekstrom kalahkan Loeb untuk rebut kemenangan prolog Dakar 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap tim Audi Sport, Mattias Ekstrom, menjadi yang tercepat pada etape prolog Dakar 2023 yang menempuh special stage sejauh 13km mengitari Sea Camp, Arab Saudi, Sabtu.

Di kategori mobil, pebalap Swedia yang membela tim Audi Sport itu mengalahkan juara dunia reli sembilan kali Sebastien Loeb dari tim BRX dengan margin satu detik.

Rekan satu timnya di Audi, Stephane Peterhansel, melengkapi podium setelah mengungguli juara bertahan Nasser Al Attiyah (Toyota) yang sempat memimpin sebelum melorot ke peringkat empat dengan jarak 12 detik, demikian laman resmi Dakar.

Baca juga:  Pedrosa Pecah Telor di MotoGP Jerez, Lorenzo Beri Kejutan

Dengan hasil tersebut, Ekstrom mendapat kesempatan pertama dalam menentukan posisi startnya untuk etape pembuka yang akan menempuh jarak total 602,56km dengan special stage sejauh 367km di Sea Camp.

“El Matador” Carlos Sainz mengakhiri prolog di peringkat enam, 14 detik di belakang Ekstrom, rekan satu timnya.

: Dakar 2023 siap menantang batas di ganasnya gurun Arab Saudi

Di kategori sepeda motor, pebalap Australia Toby Price dari tim KTM mengalahkan kompatriot senegaranya Daniel Sanders (GasGas) sedangkan Ross Branch asal Botswana (Hero) di tempat ketiga, terpaut sembilan detik.

Baca juga:  Ducati Lenovo andalkan Bagnaia hingga Bautista di tahun 2023

Juara bertahan Sam Sunderland (GasGas) finis peringkat sepuluh.

Dakar tahun ini akan menjelajahi rute sepanjang 8.549km selama 15 hari, termasuk empat hari di bentang gunung pasir Rub’al-Khali, atau Empty Quarter.

Sedikitnya 455 kendaraan dan 865 kompetitor akan mengawali ajang reli ketahanan itu dari pesisir Laut Merah hingga finis di kota Dammam di timur Arab Saudi.

: Dakar 2023 jelajahi rute paling menantang gurun pasir terluas di dunia

: Delvintor Alfarizi masuk dalam jajaran pebalap MX2 untuk musim 2023

Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022