by

Klein ambil alih puncak klasemen sepeda motor Dakar 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Crosser Amerika Serikat Mason Klein (KTM) mengambil alih puncak klasemen reli Dakar 2023 kategori sepeda motor setelah memenangi etape kedua dengan special stage sejauh 430km dari Sea Camp ke Al-Ula, Arab Saudi, Senin.

“Sepanjang hari ini saya hanya mengikuti para pebalap lain (yang berada di depan) dan kemudian pada bagian terakhir mereka membuat lelucon apakah saya akan memimpin atau tidak dan membiarkan mereka melakukan tugasnya,” kata Klein dikutip AFP.

“Jadi, saya katakan, baiklah, saya akan mengambil giliran saya dan saya meninggalkan mereka dan ini terasa baik.”

Kompatriot senegaranya, Ricky Brabec hanya semalam menempati puncak klasemen setelah etape pertama namun pada hari kedua sang pebalap Honda itu finis peringkat ke-15, tertinggal delapan menit 19 detik dari Klein.

: Dakar 2023 jelajahi rute paling menantang gurun pasir terluas di dunia

Baca juga:  Rossi Sudah Teken Kontrak Baru dengan Yamaha, Ternyata Hoax?

Kendati mendapat penalti, catatan waktu Klein masih unggul satu menit sembilan detik dari crosser Jerman Sebastian Buhler pada etape hari ini, sedangkan pebalap AS lainnya Skyler Howes melengkapi podium, satu menit 13 detik berselang.

Howes (21) asal California diuntungkan oleh taktik pebalap Australia Daniel Sanders yang setelah memimpin etape memutuskan untuk melaju pelan pada beberapa kilometer terakhir untuk menghindari kewajiban membuka jalan pada etape ketiga, besok.

“Saya tampil sangat menekan sejak awal untuk mengejar waktu dan itu bekerja baik, tapi kemudian saya sadar kami masih memiliki sisa 200km lagi, jadi saya mundur sedikit dan duduk di belakang untuk besok,” kata sang pebalap tim GasGas.

“Tidak ada untungnya, ini baru hari kedua, untuk menekan dan membuat risiko yang besar, untuk membuka jalan besok di mana semua hal bisa terjadi.

: Juara Dakar Sam Sunderland terpincut kategori roda empat

Baca juga:  Hаѕіl Babak Kuаlіfіkаѕі Q1 MоtоGP Valencia di Sіrkuіt Rісаrdо Tоrmо

“Jadi kami akan melihat bagaimana para pebalap di depan dan semoga saya berada di posisi yang baik di belakang.”

Klein, yang finis peringkat sembilan sebagai rookie tahun lalu di Dakar, mengungguli Toby Price asal Australia, yang juga mengendarai KTM, dengan jarak satu menit 41 detik. Sedangkan crosser Spanyol Joan Barreda dari tim Honda di tempat ketiga klasemen sementara dengan jarak dua menit tiga detik.

Etape tiga pada Selasa akan menempuh rute sejauh 447km dari Al-Ula ke Ha’il.

Sementara itu, juara bertahan Sam Sunderland mengalami kecelakaan pada km 52 etape pertama dan menderita gegar otak serta patah tulang bahu setelah terpelanting dari sepeda motor GasGas yang ia kendarai.

: Dakar 2023 siap menantang batas di ganasnya gurun Arab Saudi

Teguh Handoko
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023