by

Al-Attiyah ambil alih puncak klasemen Dakar 2023 setelah etape 3

Jakarta (ArenaBalap) – Juara bertahan Nasser Al-Attiyah mengambil alih pimpinan klasemen kategori mobil Reli Dakar 2023 setelah rival utamanya, Carlos Sainz dari mengalami masalah mekanik pada etape 3 yang dipersingkat karena cuaca buruk, Selasa.

Special Stage dari Al-Ula menuju Hail dipangkas dari 447km menjadi 378km menyusul hujan deras yang menyebabkan kondisi lintasan membahayakan dan tak memungkinkan helikopter terbang.

Sainz terlempar dari posisi puncak klasemen umum setelah mobil Audi yang ia kendarai mengalami masalah pada roda kirinya setelah km 213.

Kendala itu membuat sang juara Dakar tiga kali kehilangan waktu hampir setengah jam, yang sebaliknya menguntungkan bagi Al-Attiyah.

Sainz mampu memperbaiki mobilnya namun kemudian terkendala masalah navigasi yang membuatnya tersesat selama kurang lebih 20 menit.

Al-Attiyah mendapatkan tantangan awal ketika membuka jalan sebagai pemenang etape sebelumnya dan finis hari ini di luar sepuluh besar, namun catatan waktu sang pebalap Qatar cukup untuk menyalip Sainz dan menempatkannya sebagai pemuncak klasemen baru setelah tiga etape.

Baca juga:  Khabib Nurmagomedov Yakin Islam Makhachev Bakal Gulingkan Charles Oliveira

Jagoan tim Toyota itu kini memegang kendali klasemen dengan keunggulan 13 menit 20 detik dari pebalap tim privateer Toyota Yazeed Al-Rajhi dari Arab Saudi.

Juara Dakar 14 kali Stephane Peterhansel menempati peringkat tiga klasemen sementara sebagai pebalap Audi teratas dengan jarak 20 menit 45 detik dari sang pebalap Qatar, demikian catatan laman resmi Dakar.

Sementara itu pebalap Prancis Guerlain Chicherit mencatatkan waktu terbaik untuk memenangi etape 3 Reli Dakar 2023.

Pebalap 44 tahun dari tim GCK Motorsport itu menyelesaikan SS dengan waktu tiga jam 59 detik untuk mengalahkan pebalap Afrika Selatan Henk Lattegan dengan jarak tiga menit 26 detik di peringkat kedua. Pebalap Argentina Orlando Terranova melengkapi podium kategori mobil, lima menit empat detik berselang.

Baca juga:  Jelang 2017, GT Radial Agendakan Sponsor

“Ini sangat indah,” kata Chicherit, yang bangkit dari lima kebocoran ban pada etape sebelumnya, seperti dikutip AFP seusai etape 3, Selasa.

“Tentunya kami kecewa dengan apa yang terjadi kemarin tapi kami telah membuktikan diri apa yang dapat kami raih apabila kami tetap fokus.”

Juara dunia reli sembilan kali Sebastian Loeb kembali mengalami hari yang buruk untuk kedua kalinya secara beruntun dan sekarang tertinggal 90 menit di belakang Al-Attiyah pada klasemen umum.

: Menjajal New Triton bareng juara Paris Dakar Hiroshi Masuoka

: KTM hadirkan moge legendaris Rally Paris-Dakar di arena PRJ

Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023