by

Sanders rebut puncak klasemen setelah menangi etape 3 Dakar 2023

Jakarta (ArenaBalap) – Crosser Australia Daniel Sanders menjadi pemuncak klasemen sepeda motor Reli Dakar 2023 setelah menyelesaikan etape 3 dari Al-Ula ke Hail sebagai yang tercepat pada Selasa.

Pebalap tim GasGas itu mencatatkan waktu tercepat yang mengungguli Skyler Howes dari tim Husqvarna dengan jarak enam menit 19 detik dan Mason Klein yang melengkapi podium untuk KTM, nyaris tujuh menit berselang, demikian laman resmi Dakar.

Dengan hasil itu, Sanders menggeser Klein dari puncak klasemen setelah mengungguli crosser Amerika Serikat itu dengan margin empat menit empat detik, sedangkan Kevin Benavides dari tim KTM pabrikan di tempat ketiga, enam menit 53 detik berselang.

Sanders, yang dengan sengaja tak ingin memenangi etape sebelumnya pada Senin supaya tidak bertugas membuka jalan pada hari ini, mendapati taktiknya berbuah manis.

Baca juga:  Juara MotoGP Argentina, Aleix Espargaro Puncaki Klasemen Sementara MotoGP 2022

“Saya kira tidak masalah apabila saya mencoba untuk meraih kemenangan, saya mencoba dan menekan sepanjang hari dan menang besar, dan sekarang saya akan fokus untuk besok,” kata Sanders.

“Tentunya, orang Australia memiliki semangat yang paling kuat. Kami mempunyai ketrampilan alami di atas gurun.”

Peluang Sanders mengincar gelar juara umum semakin besar setelah salah satu penantang utama Ricky Brabec, juara Dakar 2020, harus diterbangkan ke rumah sakit menyusul kecelakaan pada hari ini.

Crosser Amerika Serikat itu mengalami kemalangan pada km 247 dan diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit karena mengeluhkan rasa sakit pada lehernya.

Baca juga:  Ricciardo kemungkinan jadi pebalap cadangan Red Bull atau Mercedes

Brabec, yang keluar sebagai runner-up 2021, mewarisi peringkat pertama etape pertama pada Minggu setelah Sanders dan sejumlah pebalap lainnya mendapat penalti tambahan waktu karena melanggar batas kecepatan.

Dia menjadi nama besar kedua yang mundur lebih awal pada Dakar tahun ini setelah juara 2022 asal Inggris Sam Sunderland mengalami kecelakaan pada Minggu.

: Al-Attiyah ambil alih puncak klasemen Dakar 2023 setelah etape 3

: Klein ambil alih puncak klasemen sepeda motor Dakar 2023

: Sainz menangi etape pertama Dakar, Sunderland kecelakaan

Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023