by

Loeb menang lagi, Al-Attiyah belum terkejar pada etape 11 Dakar

Jakarta (ArenaBalap) – Sebastien Loeb mencatatkan waktu tercepat dalam etape 11 Reli Dakar pada Kamis dengan keunggulan lebih dari dua menit dari Guerlain Chicherit yang membantu tim Prodrive finis 1-2 pada bagian pertama etape maraton hari ini.

Itu merupakan kemenangan kelima Loeb pada Dakar tahun ini dan yang keempat kalinya secara beruntun.

Sang juara dunia reli sembilan kali asal Prancis kini terpaut kurang dari 10 menit dari Lucas Moraes, yang masih memegang posisi dua klasemen umum sementara, namun berjarak satu jam 21 menit dari juara bertahan Nasser Al-Attiyah yang masih memegang kendali, demikian laman resmi Dakar.

Mattias Ekstrom melengkapi podium pada tempat ketiga meski pebalap tim Audi ini dan rekan-rekan setimnya seperti Carlos Sainz dan juara 14 kali Dakar Stephane Peterhansel sudah terlempar dari persaingan utama menyusul sejumlah kendala dan kecelakaan pada etape-etape sebelumnya.

Baca juga:  Marquez Berhasil Pole Position MotoGP Italia

“Ini etape yang baik bagi kami,” kata Loeb setelah merampungkan special stage sejauh 274 km di wilayah gunung pasir yang dijuluki Empty Quarter di Arab Saudi itu.

“Kami harus mengganti satu ban di gunung pasir, jadi cukup sulit menemukan tempat yang baik untuk melakukan itu dan kami sedikit kehilangan waktu karenanya.”

: Benavides rebut puncak klasemen setelah etape 10 Dakar

“Sisanya, saya menemukan ritme yang baik. Saya mendorong keras. Gunung-gunung pasir itu tidak terlalu rumit secara umum, kecuali sebagian saja yang sangat sulit, tapi pada akhirnya kami menjalani hari yang baik,” kata Loeb yang masih mengincar gelar pertamanya di Dakar itu.

Baca juga:  Suster Mana Suster!, Pole Posisi 7, Rossi Akui Dirinya Tidak Fit

Beristirahat di bivouac, para pebalap tidak diperbolehkan mendapatkan bantuan dari awak timnya saat etape maraton.

Al-Attiyah finis kelima pada etape hari ini, enam menit 42 detik di belakang Loeb, dan menjaga asa mempertahankan gelar.

“Hari ini kami menjalani etape yang luar biasa tanpa kesalahan,” kata sang pebalap Qatar. “Kami tidak terlalu ngotot, hanya berusaha finis hari ini tanpa masalah jadi kami tidak perlu memperbaiki mobil kami sepanjang malam.”

Al-Attiyah akan tetap bermain aman untuk menghindarkan kehilangan waktu berharga dengan tiga etape tersisa.

Bagian kedua etape maraton akan kembali menyusuri Empty Quarter dengan special stage sepanjang 185 km sebelum finis di Shaybah.

: Loeb menanti etape 10 Dakar, Al Attiyah masih kokoh di puncak

COPYRIGHT © ArenaBalap 2023