by

Loeb ke peringkat dua setelah menangi etape 12 Dakar

Jakarta (ArenaBalap) – Sebastien Loeb menjuarai etape 12 Reli Dakar pada Jumat dan menjadi pebalap kedua dalam sejarah ajang reli ketahanan itu yang memenangi lima etape beruntun mengikuti jejak pebalap Swedia Ari Vatanen pada 1989.

Loeb, yang juga juara dunia reli sembilan kali, menyelesaikan bagian kedua etape maraton yang melintasi wilayah bukit pasir di Empty Quarter ke Shaybah, Arab Saudi, dengan special stage sejauh 274km itu tiga menit 19 detik lebih cepat dari pebalap Audi, Mattias Ekstrom.

Berkat kemenangan tersebut, pebalap tim BRX itu juga naik ke peringkat dua klasemen umum sementara dengan margin satu menit 27 detik dari juara bertahan Nasser Al-Attiyah, yang hari ini finis ketiga setelah kehilangan tiga menit 31 detik.

Baca juga:  Mick Schumacher jadi pebalap cadangan McLaren dan Mercedes

Lucas Moraes turun ke peringkat tiga dengan jarak satu jam 29 menit dari puncak.

“Ini etape yang baik bagi kami. Kami melaju dengan baik, tidak ada kesalahan sama sekali, terus mendorong setiap waktu,” kata Loeb.

Rentetan kesuksesan Loeb itu didukung dengan absennya sejumlah nama besar seperti Carlos Sainz, Stephane Peterhansel dan Yazeed al-Rajhi yang telah tersingkir lebih awal dari persaingan.

Sementara itu, Al-Attiyah masih bertahan di puncak klasemen untuk menjaga asa mempertahankan gelar juara.

“Kmai menyelesaikan dua hari etape maraton, kami hanya perlu menjaga mobil kami tetap utuh,” kata sang pebalap tim Toyota.

Baca juga:  PT. Jakpro Pastikan Formula E Tetap Berjalan Meski PMD Dipotong

“Bagi kami, apabila kami finis di lima besar setiap hari, itu akan bagus karena kami memiliki jarak pimpinan yang baik.”

Etape penultima Dakar pada Sabtu akan menjelajahi rute sepanjang 675km dari Shaybah ke Al-Hofuf dengan special stage sejauh 154km.

: Howes kembali rebut puncak klasemen Dakar, Price menempel ketat

: Loeb menang lagi, Al-Attiyah belum terkejar pada etape 11 Dakar

: Benavides rebut puncak klasemen setelah etape 10 Dakar

Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023