by

Aprilia Racing bersiap kembali ke balap off-road dengan proyek baru

Aprilia Racing kembali melaju di dunia balap off-road, ke balapan yang menempa divisi tersebut sejak awal berdiri

Jakarta (ArenaBalap) – Aprilia Racing tengah bersiap kembali ke puncak balap rally off-road 2024, bersama dengan pengembangan sepeda motor Aprilia Tuareg 660 terbaru.

Ambisi tim ini dibalut dalam proyek bertajuk “Back to Africa” yang bertujuan untuk mengulang pengalaman sukses Aprilia di top rally sebelumnya di Dakar pada periode 2010-2012.

“Aprilia Racing kembali melaju di dunia balap off-road, ke balapan yang menempa divisi tersebut sejak awal berdiri. Kami ingin terus berkembang di dunia balap motor Grand Prix dan balapan on-track,” kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola dalam keterangan resmi, Senin.

Adapun proyek Aprilia Tuareg akan diawasi oleh Jacopo Cerutti, pebalap Italia yang membawa pengalaman luasnya ke dalam pengembangan Aprilia Racing.

Baca juga:  Bos Yamaha akui kekuatan Ducati: Tak mudah melawan pasukan merah

Ia meraih beberapa kemenangan pada Motorally Italia atas nama dirinya, termasuk membawa pulang empat gelar Enduro Italia dan satu gelar Enduro Eropa, serta telah enam kali berpartisipasi dalam rally Dakar.

Nantinya dia akan didukung oleh Francesco Montanari, pebalap Enduro tingkat nasional Italia yang meraih performa rookie di ajang Tricolore Motorally tahun lalu.

“Saya sangat senang menjadi bagian dari proyek ini, bekerja dengan merek yang 100 persen Italia dan memiliki sejarah hebat dalam olahraga adalah sumber kebanggaan yang luar biasa. Ini akan menjadi tantangan baru bagi saya, datang dari pengalaman mengendarai (motorbike) Enduro 450,” kata Cerutti.

Versi balap dari Aprilia Tuareg 660 terbaru akan dikembangkan oleh Aprilia Racing dengan masukan teknis dari GCorse.

Baca juga:  Rossi Akui Marquez Tangguh Paruh Musim MotoGP 2017

Sementara itu, Kejuaraan Tricolore Motorally akan berlanjut pada tahun 2023, yang menjadi musim di mana fokus sepenuhnya diarahkan pada pengembangan proyek terkait yang telah menunjukkan potensi besar sejak di awal.

Adapun barisan balapnya akan menyertakan dua unit Tuareg 660 yang dipercayakan kepada duet pereli Cerutti dan Montanari.

Bersamaan dengan proyek Tuareg oleh Aprilia Racing, Aprilia juga akan hadir di lokasi penyelenggaraan Kejuaraan Motorally 2023 untuk memberikan dukungan bagi semua yang mengendarai Tuareg 660 di kategori “entry level” GPX baru, yang secara khusus dibuat untuk membuat Kejuaraan lebih mudah diakses.

: Aprilia pertahankan Espargaro dan Vinales hingga 2024

: Espargaro yakin RS-GP Aprilia sangat kompetitif di Phillip Island

Arnidhya Nur Zhafira
Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023