by

Mir dan Rins sebut Honda butuh peningkatan usai pengujian di Sepang

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap MotoGP Joan Mir dan Alex Rins mengatakan Honda memerlukan sejumlah pembenahan usai menjajal performa motor RC213V pada uji pramusim di Sepang, Malaysia.

Namun Mir yang berpasangan dengan juara delapan kali Marc Marquez, menilai impresi berkendara kali ini lebih baik daripada uji pramusim sebelumnya.

“Motornya benar-benar berbeda dengan yang saya coba sebelumnya, perubahan gaya berkendaranya sangat besar. Saya senang dengan kemajuan yang kami lakukan, saya merasa lebih kuat dari kemarin dan saya bisa berkendara dengan cara yang lebih baik dari kemarin,” ungkap Mir seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis.

Mir mengaku senang secara keseluruhan dan tim sudah bekerja dengan cukup baik selama tiga hari belakangan yang dapat menjadi dorongan untuk awal musim.

Baca juga:  Kontrak baru Williams merawat mimpi Jamie Chadwick ke F1

Bagi Mir, penyesuaiannya dengan motor dan tim semakin kuat setiap harinya dan hal tersebut ia nilai merupakan kemajuan yang penting.

“Beberapa hari ini saya belajar banyak, tim juga membantu saya untuk memahami bagaimana menjadi kompetitif dengan motor ini, dan kami mengikuti langkah-langkah yang baik. Namun saya masih berada di level pemula dengan motor ini,” ujar dia.

: Marquez pada hari pertama tes Sepang: Honda harus banyak berbenah

Sependapat, Rins mengatakan dirinya semakin terbiasa berada di balik kemudi RC213V selama tes pramusim. Meski demikian, ia menilai masih diperlukan pembenahan pada sejumlah aspek.

“Kami jauh dari Ducati dalam hal kecepatan. Kami masih belum memiliki dasar yang baik pada motornya, kami mencoba untuk menemukan beberapa hal yang berbeda dan pengaturan yang berbeda. Namun, secara keseluruhan saya cukup puas dengan performanya,” kata Rins.

Baca juga:  Hasil IIC 2022: Debut Berjalan Mulus, Rahmat/Pramudya Bungkam Wakil India

Sementara itu, tes pramusim Sepang merupakan kesempatan pertama bagi tim dan pebalap untuk menguji dan mengembangkan motor mereka untuk musim ini.

Mereka nantinya bakal terbang ke Portugal untuk sesi tes pramusim kedua pada 11 Maret yang diikuti dengan balapan pembuka di Sirkuit Algarve pada 27 Maret.

: Joan Mir resmi ke tim Repsol Honda mulai tahun depan

: Kemenangan Alex Rins di Australia kado perpisahan untuk Suzuki

Arnidhya Nur Zhafira
Roy Rosa Bachtiar
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023