by

Honda sebut jadi rebutan sejumlah tim F1

Jakarta (ArenaBalap) – Presiden Honda Racing Corporation (HRC) Koji Watanabe mengatakan beberapa tim balap telah menghubungi Honda untuk bergabung sebagai bagian dari tim mereka untuk Formula 1 2026.

Dikutip dari laman resmi, Selasa, salah satu faktor yang membuat Honda menjadi “rebutan” beberapa tim F1 bisa jadi karena Honda bergabung sebagai salah satu dari enam pemasok mesin atau power unit bersama Ford, Ferrari, Audi, Mercedes, dan Renault mulai 2026.

Langkah ini pun senada dengan regulasi terbaru F1 yang mewajibkan pabrikan dan tim menggunakan mesin dan bahan bakar ramah lingkungan dan berkelanjutan guna mencapai target karbon netral pada 2030.

“Emisi nol karbon adalah tujuan perusahaan kami dan ini sejalan dengan arah masa depan Formula 1. Alasan ini membuat kami memutuskan menjadi pemasok power unit mulai 2026,” kata Watanabe.

Baca juga:  Downhill Nagari Kasang

“Setelah kami melakukan pendaftaran, kami pun dihubungi oleh beberapa tim Formula 1. Untuk saat ini, kami ingin terus memantau ke mana arah F1 dan bagaimana keadaannya,” imbuhnya.

Adapun Honda secara resmi mundur dari F1 setelah mengantarkan juara dunia ganda Red Bull Max Verstappen meraih gelar pertamanya pada 2021.

Honda saat ini memiliki kesepakatan untuk membangun mesin di Jepang untuk tim Red Bull dan tim AlphaTauri, namun kerja sama itu akan berakhir pada 2025. Tim Red Bull nantinya akan bekerja sama dengan Ford pada 2026.

Baca juga:  Mencoba "pit walk" di Motul WSBK Mandalika 2022

Saat disinggung apakah Honda akan kembali ke F1, Watanabe enggan memberikan jawaban lebih lanjut.

“Untuk saat ini kami tidak memiliki keputusan konkret apakah kami akan kembali bergabung dengan Formula 1 atau tidak. Namun, kami pikir menjadi bagian dari Formula 1 akan membantu kami dalam pengembangan teknologi. Jadi di situlah kita berada,” ujar Watanabe.

: Stroll cedera saat bersepeda, absen pada tes pramusim F1 di Bahrain

: IMI targetkan Bintan dan PIK sebagai sirkuit F1 pada 2024

Arnidhya Nur Zhafira
Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ArenaBalap 2023