by

Kini Operasikan 25 Unit, Buat Apa PO Rosalia Indah Punya Bus Double Decker Banyak?

Jakarta

PO Rosalia Indah resmi merilis empat bus double decker terbaru dari Adiputro. Dengan demikian, Perusahaan Otobus yang bermarkas di Karanganyar, Jawa Tengah itu kini total mengoperasikan 25 unit bus tingkat. Apa alasan Rosalia Indah memiliki armada double decker dalam jumlah besar?

Beberapa saat lalu ketika detikOto berkunjung ke Kantor Pusat Rosalia Indah di Palur, Karanganyar, Direktur PT Rosalia Indah Transport FX. Adimas Rosdian Bbuscom menjelaskan bahwa Rosalia Indah menggeber pengadaan unit double decker karena minat konsumen cukup tinggi di trayek Solo Raya-Jakarta.

Rosalia Indah memang bukan PO pertama yang mengoperasikan armada double decker di Pulau Jawa seperti PO Putera Mulya atau PO Lorena. Namun saat momennya tepat, Rosalia Indah langsung membeli armada double decker dalam jumlah besar.

Armada bus double decker PO Rosalia IndahArmada bus double decker PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

“Rosalia memang bukan pemilik bus double decker pertama (di Jawa). Saya diskusi terus sama pak Soeroso (pendiri PO Rosalia Indah), tapi beliau memang belum ingin mengeluarkan, karena menunggu infrastruktur penunjang. Dulu kan belum ada jalan tol (Trans Jawa). Ya, bisa dibilang Rosalia cukup bersabar merilis double decker lah, karena saat itu PO lain sudah ada yang punya,” kata pria yang akrab disapa Dimas.

Setelah infrastruktur tol benar-benar tersambung dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa, PO Rosalia Indah baru bergerak membeli armada double decker. Dan kebetulan cukup banyak pelanggan setia mereka yang ingin PO ini menghadirkan bus tingkat agar tidak ketinggalan dengan PO-PO lainnya.

“Setelah peresmian tol Trans Jawa, Pak Soeroso langsung survei bersama saya. Dan beliau berkata ‘oke, kita siap’. Karena infrastruktur tol di Jawa siap dan terminal-terminal juga sudah lebih baik, tahun 2019 itu Rosalia langsung mengadakan 10 unit double decker. Dari situ, ternyata customer sangat luar biasa, okupansinya sangat luar biasa, sehingga nambah lagi dan sekarang menjadi 21 unit double decker,” sambungnya.

Direktur PT Rosalia Indah TransportFX. Adimas Rosdian BbuscomDirektur PT Rosalia Indah TransportFX. Adimas Rosdian Bbuscom Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Banyaknya jumlah bus double decker yang dimiliki PO Rosalia Indah membuatnya diberi rekor MURI sebagai Perusahaan Otobus AKAP yang Memiliki Armada Double Decker Terbanyak, dengan Pelayanan Pramugara-Pramugari.

“Itu juga saya nggak nyangka, karena ternyata Rosalia punya double decker terbanyak di Indonesia. Saya pikir ada PO lain yang punya lebih banyak. Jadi ini luar biasa lah,” tambahnya. Dengan tambahan 4 armada baru, kini PO Rosalia Indah total memiliki 25 unit bus double decker.

Bicara pilihan bodi dan sasisnya, sebagian besar menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ SDD dan ada juga 2 unit bodi Laksana Legacy SR2 DD. Sementara sasisnya mayoritas Scania K410 dan Volvo B11R.

Seluk-beluk Sopir Bus AKAP, Begini Pembagian Jam Kerjanya
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)