by

Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Nissan-Mitsubishi Laris Manis

Jakarta -Strategi Nissan dan Mitsubishi menghadirkan kendaraan roda empat listrik mungil dengan harga terjangkau, sukses memikat warga Jepang. Dalam laporan baru yang dilansir Nikkei Asia, dua pabrikan itu tengah berencana buat meningkatkan produksi dari dua kendaraan roda empat listrik mungil yang digarap aliansi Nissan-Mitsubishi.Kabarnya, produksi kei car listrik Nissan Sakura dan Mitsubishi eK X EV bakal ditingkatkan menjadi 20% pada tahun fiskal 2023. Sejak pemesanan dibuka pada Juni, saat ini sudah ada 35.000 unit kendaraan roda empat terpesan. Bahkan Nisan dan Mitsubishi terhitung sebagai penyumbang 50% di pasar kendaraan listrik Jepang pada April sampai Agustus 2022.

Nissan Sakura. Foto: Nissan

Nikkei juga menyebut, suplier Mitsubishi sudah mempersiapkan diri buat peningkatan produksi tersebut. Rencananya bakal ada penyesuaian shift bekerja buat mengakomodir peningkatan produksi. Dengan prediksi adanya peningkatan penjualan kendaraan listrik dua kali lipat pada tahun 2022, rencana tersebut jelas masuk akal.

Baca juga:  Jokowi Mau 2 Juta Motor Listrik Dibuat di Indonesia, Ini Kata Menperin

Sekadar informasi, semenjak kemunculannya pertama kali pada Mei kendaraan roda empat listrik Nissan dan Mitsubishi cukup memikat. Kendaraan roda empat itu dibangun dari konsep IMk.

Kendaraan roda empat dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu mulai 2.333.100 yen yang jika dirupiahkan dengan kurs saat ini (1 yen=Rp 105,6) setara Rp 246 jutaan. Harga kendaraan roda empat listrik kecil Mitsubishi juga tak berbeda jauh yaitu mulai 2.398.000 atau mulai Rp 253 jutaan.

Namun bila mendapat subsidi dari pemerintah Jepang, bandrolnya lebih murah yaitu mulai 1.780.000 yen yang setara dengan Rp 187 jutaan. Sedangkan kendaraan roda empat Mitsubishi bila mendapat subsidi menjadi 1.848.000 yen.

Baca juga:  Pameran Teknologi dan Komponen Kendaraan Listrik Siap Digelar di Indonesia

Nissan Sakura mengusung motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga 47 kW dan torsi 195 Nm. Sakura disebut bisa berakselerasi dengan cepat dan stabil. Teknologinya diambil dari pengembangan Leaf selama lebih dari satu dekade.

Mobil Listrik Mitsubishi Cuma Rp 200 JutaanKendaraan roda empat Listrik Mitsubishi Cuma Rp 200 Jutaan. Foto: Dok. Mitsubishi

Dengan begitu, Sakura memiliki tingkat kesunyian kabin yang sangat bagus. Dalam pengujian yang dilakukan Nissan, Sakura memiliki jarak tempuh sampai 180 km.

Soal spesifikasi, kendaraan roda empat Mitsubishi eK X EV tidak jauh berbeda dengan Nissan Sakura. Di luar itu Nissan-Mitsubishi, Suzuki dan Daihatsu juga disebut tengah memiliki rencana buat menggarap nikkei car listrik secepat mungkin.