by

Wuling Almaz Hybrid Muncul, Bakal Seperti Apa Spesifikasinya?

JakartaWuling secara mengejutkan langsung memperlihatkan konsep kendaraan roda empat hybrid dalam bentuk Wuling Almaz Hybrid. Kendaraan roda empat hybrid Wuling itu dipamerkan di Indonesia Electric Motor Show atau IEMS 2022 pekan ini.Menurut salah satu sales yang bertugas di booth Wuling, kendaraan tersebut masih berbentuk konsep alias belum sepenuhnya siap. Namun, mereka yang berminat membelinya, sudah bisa melakukan booking mulai sekarang.

“Ini masih konsep, tapi produk massal yang dijual nantinya sama-sama lah, kurang lebih 80 persen dari unit yang dipajang ini. Jika mau pesan, sebenarnya belum bisa. Tetapi, bisa booking fee dari sekarang sih, cukup bayar Rp 5 juta saja,” jelas wiraniaga yang tak disebutkan identitasnya tersebut kepada detikOto, Rabu 28 September 2022.

Wuling sendiri belum merilis data spesifikasi resmi dari Almaz Hybrid ini. Namun, seperti tertera dalam layar yang ada di booth Wuling, Almaz Hybrid akan menggendong mesin 2.000 cc hybrid dengan transmisi khusus hybrid. Komponen utama pada Almaz Hybrid lainnya ada Intelligent Electronic Control System, Dedicated Hybrid Transmission, P1+P3 Electric Motor dan Generator, serta baterai lithium.

Secara global, Wuling sudah punya mesin 2.000 cc hybrid yang ada di Wuling Asta Hybrid. Kendaraan roda empat itu ditenagai mesin 2.000 cc dengan electromagnetic dedicated hybrid transmission (DHT). Mesin dihubungkan dengan baterai pencapaian tinggi dan motor elektrik torsi tinggi.

Baca juga:  Pengendara Motor 250 cc ke Atas Tak Bikin SIM CI-CII Langsung, Ini Syaratnya

Tenaga yang dihasilkan cukup mengesankan. Mesin 2.0 Hybrid pada Wuling Asta punya tenaga kombinasi maksimal 134 daya kuda dengan torsi maksimal 320 Nm. Wuling menyebut, akselerasi 0-60 km/waktu selesai dalam 3,2 detik.

Dengan sistem hybrid, harapannya konsumsi bahan bakar Wuling Almaz juga ikutan irit. Di Wuling Asta, sistem hybrid-nya memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi 4,6 liter per 100 km atau setara dengan 21,7 km/liter.

Lain halnya, secara tampilan hampir tak ada yang baru dari Wuling Almaz Hybrid. Hanya saja, menurut penuturan sales yang detikOto temui, ada penambahan warna biru di sejumlah bagian buat mencerminkan jika ini ialah kendaraan roda empat ramah lingkungan.