by

Duet Mercedes kalahkan Verstappen pada latihan kedua GP Jepang

Jakarta (ArenaBalap) – George Russell dan Lewis Hamilton membantu Mercedes finish 1-2 pada sesi latihan bebas kedua Grand Prix Jepang di Suzuka, Jumat, saat Max Verstappen yang mengejar titel juara dunia finish ketiga.Sang pembalap Red Bull berkesempatan mengunci gelar buat kedua secara beruntun apabila dia memenangi balapan pada Ahad nanti dengan satu bonus nilai lap tercepat, tak peduli posisi finish rival-rival terdekatnya.

Lain halnya Russell mencetak lap tercepat 1;41,935 yang unggul 0,235 detik dari Hamilton, dan 0,851 detik dari Verstappen, demikian AFP.

Hujan deras turun di Suzuka dan para pembalap mengawali sesi latihan dengan ban basah sebelum berganti ke intermediate ketika kondisi trek membaik.

Baca juga:  Sosa Cuervo ambil alih jaket kuning Le Tour de Langkawi

Namun, hal itu tidak membuat senang Verstappen yang memberitahu timnya lewat radio bahwa semua ban tidak punya daya cengkeram.

 

Pembalap Ferrari Charles Leclerc, yang berada di peringkat dua klasemen, finish 2,744 detik dari catatan waktu Russell di P11.

Sang pembalap Monako kehilangan kendali mobilnya dan terjebak di gravel setelah sebelumnya mengeluhkan ban depan kirinya mengalami kerusakan.

Ferrari kemudian menemukan kasus pada rem kendaraan roda empat Leclerc dan memanggilnya ke garasi sebelum sang pembalap turun ke trek lagi pada 10 menit terakhir sesi.

Teman satu tim Verstappen, Sergio Perez finish keempat diikuti pembalap Haas Kevin Magnussen dan pembalap Ferrari Carlos Sainz.

Baca juga:  Titel MotoGP masih terbuka, Espargaro tak ingin Aprilia blunder lagi

Mick Schumacher tidak ambil bagian di sesi latihan kedua setelah mengalami kecelakaan di sesi pertama.

Sang pembalap tim Haas kehilangan kendali dan menabrak pagar pembatas setelah finish, sehingga sayap depan mobilnya hancur dan membutuhkan sasis baru.

 

Pembalap tuan rumah, Yuki Tsunoda finish P14 di depan juara dua kali GP Jepang Sebastian Vettel.

Juara dunia dua kali Fernando Alonso menjadi yang tercepat di sesi latihan pertama.

Grand Prix Jepang kembali ke kalender F1 setelah tiga tahun absen karena pandemi virus corona.

Cuaca di Suzuka diperkirakan cerah pada Sabtu tapi hujan kemungkinan turun saat balapan pada Ahad.