by

Cuaca Buruk dan Insiden Lap Pertama Tunda GP Jepang

Jakarta (ArenaBalap) – Balap Formula 1 Grand Prix Jepang pada Ahad terpaksa dihentikan sementara menyusul cuaca buruk di Lintasan Suzuka dan sejumlah insiden kecelakaan selepas start.Pembalap tim Red Bull Max Verstappen mempertahankan posisi pimpinan kejuaraan ketika Charles Leclerc berupaya menusuk dari sisi dalam tikungan pertama.

Namun, lap pertama berjalan kaos ketika sejumlah pembalap kehilangan kendali mobilnya di trek basah dengan visibilitas minim.

 

Sebastian Vettel tabrakan dengan Fernando Alonso saat menuju tikungan pertama, kemudian Carlos Sainz tergelincir dan mendapati kerusakan di bagian akhir kendaraan roda empat Ferrarinya dan tak dapat melanjutkan kejuaraan.

Baca juga:  Dakar 2023 jelajahi rute paling menantang gurun pasir terluas di dunia

Alexander Albon dan Zhou Guanyu juga kesulitan menaklukan trek yang basah saat mobilnya melintir di trek.

Zhou bisa menghindarkan mobilnya menabrak tapi Albon harus keluar dari balapan.

Sementara Pierre Gasly, yang start dari jalur pit, mendapati kendaraan roda empat AlphaTauri-nya melaju dengan pecahan papan iklan yang tersemat di bagian depan.

 

Setelah tiga lap, Steward memutuskan buat mengibarkan bendera merah ketika hujan semakin deras, demikian laman resmi Formula 1.

Para pembalap kemudian kembali ke jalur pit, dengan P1 masih disentuh Verstappen.

Baca juga:  Paulo Dybala Absen Lawan Real Betis, Mourinho Coba Enggak Cengeng

Verstappen berpeluang mengunci gelar juara dunia dua tahun beruntun apabila menang di Suzuka dengan satu nilai tambahan dari lap tercepat, tidak peduli di posisi mana rival-pesaingnya finish.

Verstappen bisa juga mempertahankan gelarnya apabila dia menang dan Leclerc, yang jadi rival terdekat, finish ketiga atau lebih rendah.