by

Max Verstappen pastikan juara dunia, perebutan posisi dua sengit

Jakarta (ArenaBalap) – Pembalap tim Red Bull Racing Max Verstappen memastikan diri menggenggam predikat juara dunia Formula 1 musim 2022 setelah sukses menjadi yang terbaik pada balapan di Lintasan Suzuka, Jepang, Ahad (9/10).

Dengan menjadi juara pada seri GP Jepang tersebut, berdasarkan data resmi kejuaraan pada Senin, raihan nilai Max Verstappen sudah tidak bisa dikejar pembalap di bawahnya meski balapan menyisakan empat seri.

Pria asal Belanda itu kini mengemas 366 nilai dan sudah menjadi juara di 12 seri. Buat posisi dua ada teman satu timnya di Red Bull, Sergio Perez dengan 253 nilai atau hanya unggul satu nilai dari pembalap yang berada di posisi ketiga pada klasemen, Charles Leclerc dari tim Ferrari dengan 252 nilai.

Baca juga:  Podcast Berolahraga di RCTI Plus: Perkembangan Futsal Indonesia Semakin Menjanjikan

 

“Kini persaingan justru buat memenangkan posisi dua antara Perez dan Leclerc. Masih ada empat seri lagi buat bersaing,” ucap Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) Sri Adinegara sebagai salah satu sponsor tim Red Bull.

Sergio Perez dan Charles Leclerc memang menjadi pembalap yang terus membayangi Verstappen. Perez bahkan sudah bisa mencuri dua kemenangan sedangkan sang rival dari tim Ferrari sudah tiga kali naik podium tertingginya musim ini.

Khusus buat pencapaian Max Verstappen yang menjadi juara dunia secara beruntun dalam dua musim, Sri Adinegara menilai luar biasa karena pembalap asal Belanda ini cukup dominan.

“Melihat dominasi podium dan kemenangan 12 kali selama musim 2022 sangatlah pantas bagi Max Verstappen menyandang gelar juara dunia Formula buat kedua kalinya. Apalagi didukung oleh tim yang dominan dan profesional, serta dukungan penuh dari Kendaraan roda empat™ Lubricants,” ucap Sri Adinegara menambahkan.

Baca juga:  Le Mans jadi tuan rumah Grand Prix ke-1000

 

Lain halnya sang juara dunia Max Verstappen mengaku bangga dengan apa yang diraih. Apalagi predikat juara dunia didapat saat balapan masih menyisakan empat seri yaitu Amerika Serikat, Meksiko, Brazil dan Abu Dhabi.

“Gelar yang pertama sedikit emosional, yang kedua lebih indah, seperti musim yang kami jalani sekarang,” ucap Verstappen.

Sepanjang musim 2022, pembalap berusia 25 tahun itu 14 kali naik podium dan 12 di antaranya ialah kemenangan mulai dari Arab Saudi, Emilia Romagna, Miami, Spanyol, Azerbaijan, Kanada, Prancis, Hungaria, Belgia, Belanda, Italia, kemudian Jepang.