by

Mario Aji nikmati debut positif di Phillip Island

Jakarta (ArenaBalap) – Pebalap Indonesia Mario Suryo Aji mendapat pengalaman positif saat pertama kali menjajal sirkuit Phillip Island pada sesi latihan bebas Moto3 Grand Prix Australia, Jumat.

Cuaca hujan dan berangin menjadi tantangan tambahan saat Mario mempelajari karakteristik sirkuit sepanjang 4,4km tersebut.

Pada sesi latihan pertama, Mario mencatatkan waktu 1:43,189 dan pada sesi latihan kedua ia mampu memperbaiki lap terbaiknya menjadi 1:39,679 untuk menempati peringkat ke-21 dari catatan waktu kombinasi.

“Ini pertama kali saya di sini. Trek ini menyenangkan, lebar, berangin dan menantang di setiap sektor,” kata Mario dikutip laman resmi Honda Team Asia, Jumat.

“Pada latihan pertama, saya kewalahan karena kami mendapati kondisi setengah kering setengah basah. Saya sedikit bingung, tapi pada FP2, saya jauh lebih baik.

“Bukan hanya lap time-nya, tapi perasaan saya juga semakin baik setiap lapnya. Saya sangat menikmati hari ini.”

Baca juga:  Rossi Masih Diminati Yamaha Untuk Ikut Balap WSBK, Geser Dominasi Jonathan Rea?

: Mario Aji siap hadapi tantangan baru di Phillip Island

Catatan Mario mengalahkan rekan satu timnya, Taiyo Furusato yang berada di peringkat ke-26 dengan 1:40,038, terpaut 1,882 detik dari pebalap Jepang Ayumu Sasaki yang tampil tercepat hari ini.

Meski demikian, manajer Honda Team Asia Hiroshi Aoyama terkesan dengan progres kedua pebalapnya di Australia.

“Bagi Mario dan Taiyo, ini kali pertama bagi mereka di Phillip Island,” kata Aoyama.

“Cuaca telah menambah rumit proses pembelajaran mereka di trek ini karena angin kencang dan hujan. Tapi manajemen mereka terhadap kondisi ini menunjukkan bahwa mereka memiliki banyak ruang untuk perbaikan, besok.”

: Mario Aji petik pelajaran berharga dari kualifikasi GP Jepang

Pada tahun pertamanya membalap secara penuh di Moto3, Mario sementara ini berada di peringkat 26 klasemen dengan koleksi lima poin. Sedangkan Furusato baru sekali mencetak poin yaitu saat ia finis P14 di Motegi, kampung halamannya akhir pekan lalu.

Baca juga:  Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2021: Jorge Martin Sukses Rebut Pole

Poin pertama Mario musim ini diraih ketika ia finis P14 di Mandalika, di mana ia juga untuk pertama kalinya mengamankan posisi start baris terdepan berkat penampilan mengesankan saat kualifikasi di sirkuit Lombok itu.

Mario kembali mengamankan front row di Portugal ketika dia meraih satu posisi lebih baik di P2 meski nyaris mengamankan poin di Algarve. Ia kembali finis di zona poin ketika ia tampil di Mugello, Italia.

Di Australia, pebalap Spanyol Izan Guevara mendapat peluang pertamanya mengamankan gelar musim ini dari rival-rivalnya yaitu Dennis Foggia, Sergio Garcia, dan Ayumu Sasaki.

: Mario Aji amankan bangku Honda Team Asia untuk Moto3 2023

Shofi Ayudiana
Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022