by

Marquez uji aero baru Honda di Phillip Island

Jakarta (ArenaBalap) – Juara dunia delapan kali Marc Marquez mendapati hasil positif ketika menguji paket aero baru pada motor Honda RC213V saat sesi latihan bebas Grand Prix Australia di Sirkuit Phillip Island, Jumat.

Menggunakan komponen aerodinamika baru itu, Marquez tampil kompetitif di peringkat enam catatan waktu kombinasi dua latihan hari itu dengan waktu 1:29.775 atau terpaut 0,3 detik dari pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco yang mendominasi kedua sesi latihan.

Perubahan yang paling terlihat dari motor Marquez adalah “ekor” atau winglet belakang yang mirip dengan yang dipakai motor-motor Ducati serta sayap depan yang baru dan saluran udara yang lebih rendah di fairing-nya.

Marquez baru kali ini menggunakan update aero tersebut karena ia absen enam balapan menyusul operasi keempat pada lengan kanannya.

Baca juga:  Zarco pimpin trio Ducati Dominasi sesi Latihan Kedua GP Thailand

: Wejangan Mick Doohan inspirasi Marquez bangkit dari cedera

“Tidak mudah mencoba hal baru saat akhir pekan balapan, tapi saya merasa sejumlah hal positif dengan komponen baru ini pada pagi hari,” kata Marquez dikutip laman resmi tim, Jumat.

“Kemudian pada sesi siang kami mencoba lagi untuk mengonfirmasi temuan kami, kami menggunakan seluruh waktu kami untuk menguji hal ini dan ini lah yang harus kami lakukan apabila ingin lebih baik di masa depan.

“Kita bisa melihat Honda bekerja, bahkan dengan hanya tiga balapan tersisa. Saya akan tetap menggunakannya besok. Kemudian kita akan melihat apa yang memungkinkan untuk Sabtu dan Minggu.

: Marquez akui dibuat bingung dengan motornya musim ini

Baca juga:  Mattia Binotto mundur sebagai kepala tim Ferrari

“Motor terasa baik dan kami bisa melihat potensinya ada di sana.”

Namun, Marquez masih 0,25 lebih lambat dari rekan satu timnya, Pol Espargaro yang melaju tanpa paket aero baru.

Di Australia, perebutan gelar juara dunia semakin ketat saat lima pebalap teratas dipisahkan hanya 40 poin dengan tiga balapan tersisa.

Fabio Quartararo (Yamaha) memegang kendali klasemen dengan margin hanya dua poin`dari Francesco Bagnaia (Ducati) sedangkan Aleix Espargaro menjadi tumpuan Aprilia dengan jarak 20 poin dari puncak, diikuti Enea Bastianini (Gresini) dengan jarak 39 poin, dan Jack Miller (Ducati) pada peringkat lima.

: Marquez waspadai suhu dingin dan angin Phillip Island

 

Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ArenaBalap 2022